Pemesanan Buku

Buku-buku yang terpajang di galeri ini bisa Anda dapatkan di Kampung Buku, Jalan Abdullah Daeng Sirua 192E (samping Kantor Lurah Pandang Kompleks CV Dewi), Makassar, T/F: 0411-433775, Layanan SMS 0856 5668 1100 atau email ke: distribusiininnawa@gmail.com

Rabu, 08 September 2010

Penerbit Ininnawa

PENDEKATAN dan penyebaran informasi yang berpusat di Jawa, langsung atau tidak, meminggirkan daerah lain berikut manusia dan budayanya. Salah satu kawasan yang mengalaminya adalah jazirah selatan pulau Sulawesi, yang meliputi dua provinsi yakni Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Padahal manusia-manusia yang berada di jazirah selatan Pulau Sulawesi ini adalah kelompok yang teramat dinamis. Indikasinya jelas: masyarakat di kawasan yang bergaris pantai panjang ini adalah komunitas pelayar, perantau, dan pedagang yang mengunjungi kawasan lain di Nusantara dan sekitarnya—bahkan menetap. Ini tentunya pula memungkinkan berlangsungnya pertukaran ide baru dengan masyarakat yang didatanginya. Dengan begitu pula, sangat membuka peluang bagi masyarakat di semenanjung ini terus bergerak, terutama bentuk budaya dan kehidupan sehari-harinya, hingga pola pikir mereka.

Sementara pula, zaman bergerak maju. Manusia-manusia yang kini hidup di jazirah tersebut nyaris tak mengenal banyak bagaimana kehidupan mereka sebelumnya. Ketersediaan bacaan terkait soal ini sangatlah kurang. Ini ditandai dengan banyaknya kajian tentang berbagai komunitas Sulawesi Selatan dan Barat yang masih dalam bentuk bahasa asing.

Kurangnya kemampuan berbahasa asing—terutama untuk keterampilan membaca—pada masyarakat Sulawesi Selatan dan Barat menyebabkan perlunya diterjemahkan buku-buku tentang Sulawesi-Selatan yang sebagian besar ditulis oleh peneliti luar negeri, agar transformasi literasi tentang dua daerah ini tetap berlangsung.

Dunia penerbitan di Sulawesi Selatan dan Barat sendiri sangat menghamba pada pemegang otoritas. Banyak buku yang terbit hanya diabdikan bagi pemerintah, terutama dalam bentuk autobiografi pejabat dan semacamnya.

Kenyataan-kenyataan inilah yang mendorong kami untuk menguak ruang yang selama ini perlu diisi, yakni pengembangan, penulisan, merisalahkan, dan penerbitan literatur penting bagi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar: on "Penerbit Ininnawa"

F. Daus Ar mengatakan...

Sepakat,,,dengan gagasan ini,,mudah2han ada diskon untuk pembelian buku terbitan ininnawa

Anonim mengatakan...

tentu bisa. silakan menghubungi distribusiininnawa@gmail.com

arbiansyah azza mengatakan...

selamat siang,saya arbi dari kalsel.gimana caranya maun pesan buku assikalaibineng,yang insya allah saya gunakan untuk keharmonisan rumah tangga saya,mohon infonya,alamat email saya arbiansyahcool@yahoo.co.id

Posting Komentar