Pemesanan Buku

Buku-buku yang terpajang di galeri ini bisa Anda dapatkan di Kampung Buku, Jalan Abdullah Daeng Sirua 192E (samping Kantor Lurah Pandang Kompleks CV Dewi), Makassar, T/F: 0411-433775, Layanan SMS 0856 5668 1100 atau email ke: distribusiininnawa@gmail.com

Senin, 18 Januari 2010

Makassar dari Jendela Pete-Pete

Makassar dari Jendela Pete-Pete
Catatan Seorang Pengguna Jalan
(Winarni KS)

Ininnawa-Panyingkul!

Cetakan Pertama, Juli 2009
13 x 19 cm; 223 hlm + xx
Rp40.000


Buku yang memuat 23 tulisan soal manajemen tata kota Makassar ini ditulis oleh Winarni KS, seorang mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur, Program Studi Pengembangan Wilayah Kota, Universitas Hasanudin.
Buku ini menjadi begitu istimewa karena ia berencana membagikan buku ini kepada sejumlah dosen, sebagai pengganti parsel atau hadiah barang lainnya, yang biasanya diberikan mahasiswa seusai sidang skripsi. Dan katanya lagi, untuk keperluan penulisan dan penerbitan, ia akan bekerja di sebuah perusahaan konsultan di tahun terakhir kuliahnya, dengan harapan bisa menyisihkan gaji untuk membiayai penerbitan bukunya.
Seperti anak muda pada umumnya, Winarni juga berekspresi lewat blog, menulis hal yang personal, curhat-curhatan. Tapi, satu demi satu tanda tanya yang timbul dari ruang kuliah juga diberinya kesempatan untuk berkembang menjadi tulisan. Tanda tanya itu dibawanya ke jalan tatkala ia melintasi kota Makassar dengan pete-pete (dari aktivitas tersebut buku ini dijuduli).
Winarni bertanya perihal gedung-gedung yang terus tumbuh, soal ruang publik yang semakin langka, tentang pusat kota, apa saja menyangkut kampung kumuh, dan tak lupa melempar pertanyaan tentang sungai dan pantai Makassar.
Buku ini telah melahirkan beragam tanggapan dari berbagai kalangan. Networker kebudayaan, Halim HD menyatakan, di antara analisa dan pemberitaan media massa tentang Kota Makassar yang cenderung melegitimasi tindakan penguasa lokal yang berpihak kepada pemilik kapital, buku ini memberikan perspektif sosio-historis yang kritis dan keberpihakan yang kuat, yang selama ini tidak kita dapatkan dari kalangan akademisi di Makassar.[]

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Makassar dari Jendela Pete-Pete"

Posting Komentar